Tuesday, 17 October 2017

Jual Beli Forex Dalam Islam


Hukum Labur amp Berniaga Forex (Devisenhandel) Zaharuddin Abd Rahman Saya ingin minta pihak ustaz untuk menerangkan zentang pelaburan tukaran matawang asing dan juga perniagaan Forex. Bagaimana pula jika saya melakukan transaksi sendeniri dengan berbekalkan analisa sendeniri atau yang disediakan oleh broker dengan melayari internet. Kemudian memperolehi untung dari jualan dan belian matawang asing ini. Terima kasih Bagi menjawab soalan ini, undein perlu memahami dua jenis perkara iaitu: - 1 - Melabur wang ringgit unda ke dalam satu syarikat yang memperolehi untung melalui FOREX. 2- Melantik Satu-Plattform atau syarikat untuk menjalankan jual beli wang asing dan simpan. Semua transaksi dijalankan oleh und ein sendiri, syarikat hanya menyediakan Plattform dan mengambil upah perkhidmatan sahaja. Pertama. Hukum bagi melabur dalam Syarikat Yang menjalankan FOREX: Forex (Foreign Exchange) atau Yang Lebih dikenal dengan Perdagangan Mata wang Asing Ia merupakan Suatu jenis perdagangantransaksi Yang memperdagangkan matawang Suatu negara terhadap matawang negara Verschiedenes Yang melibatkan Pasar-pasar matawang utama di dunia Selama 24 Marmelade Secara Berterusan Benar, memang FOREX matawang adalah diharuskan, tetapi keharusannya tertakluk kepada sejauh mana ia menurut garis panduan yang dikeluarkan dari hadith Nabi yang sohih. A.................................................... Dalam bahasa Inggerisnya adalah auf der Stelle. Ia datang Banyak Hadis Antara Yang paling utama adalah:. . . . . . . . . Ertinya. Emas dengan Emas (ditukar atau diniagakan). Perak dengan Perak, gandum dengan gandum, Tamar dengan Tamar, Garam dengan Garam mestilah sama timbangan dan sukatannya, dan ditukar Secara Terus (Pada satu masa) dan sekiranya berlainan jenis, maka berjual-belilah kamu sebagaimana Yang disukai (Riwayat Muslim, kein 4039 keine Hadith 119). B - Nabi bersabda: - Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan Secara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat Muslim, kein 1586, 31209) c - Manakala pembelian Secara Hutang Dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah s. a.w melarang dari menjual emas als perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, Nr. 2070, 2762) Hadis-Hadis di atas menyebut perihal displin Der Islam dalam pertukaran emas dan perak. Untuk informasi, ulama bersepakat bahawa matawang (Banknote) juga adalah sama displinnya dengan emas dan perak disebabkankan nilai dan fungsinya sebagai Medium des Austauschs. Justeru setiap verdrängen als syarat transaksi Yang melibatkan emas dan perak juga TERPAKAI pada urusan transaksi matwang. Demikianischer Keptusan Majlis Fiqh Antrabangsa als Juga Majlis Kewangan Islam Antarabangsa von bawah AAOIFI. FOREX dalam matawang Yang diuruskan oleh Syarikat konvensional sudah Pasti tidak Akan menjaga syarat ini kerana kebanyakan FOREX Yang dijalankan oleh institusi Konvensional adalah lsquoForward FOREX atau Forex Yang lsquoValue vorwärts menggunakan (nilai masa hadapan) Yang tergolong dalam Riba Nasiah. Mereka juga kerap menggunakan SWAP, Optionen dan lain-lain Instrument Yang tidak halal di sisi Scharia. Ia....................................... Masalah dalam implementasi FOREX adalah bertangguh dalam penyerahan dari kedua-dua pihak. Tatkala itu aqad menjadi batal (Radd al-Muhtar ala ad-durr, 4531). Tidak Saya nafikan, bahawa terdapat sesetengah Institusi Kewangan Islam Yang melakukan forex ini setelah mendapatkan kelulusan Majlis Penasihat Shariah Mereka, Namun semua Mereka hanya terlibat dalam FOREX jenis SPOT dan bukannya jenis lsquoForward jika adapun jenis vorwärts ia menggunakan konsep Al-WAD atau Einseitige Versprechen dan ia Telah disepakati keharusannya Apa yang pasti, Majlis Scharia mereka telah meletakkan beberapa syarat als bukannya secara bebas begitu sahaja. Justeru MELABUR Modal (Beerti ANDA MELABUR DAN KEMUDIAN TUNGGU Untung SAHAJA) dan di dalam institusi kewangan konvensional Yang memperolehi Untung melalui cara FOREX adalah tidak halal di sisi Islam. Ia adalah keputusan Tafel Penasihat Shariah dunia yang bernaung di bawah nama Rechnungswesen amp Audit Organisation für islamische Institutionen (AAOIFI). Antara Panel penasihat Shariahnya adalah Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Prof. Dr. Syeikh Wahbah Zuhayli, Prof. Dr. Syeikh Siddiq Dharir, Syeikh Abdullah al-Mani, Dr. Abd Sattar Abu Ghuddah, Syeikh Dr. Nazih Hammad, Syeikh Dr. Hussain Hamid Hassan, Syeikh Nizam Yaquby, Dr. Mohd Daud Bakar, Syeikh Al-Ayashi al-Sadiq Fadad, Syeikh Dr. Ajil Nashmi und ramai lagi. KEDUA. Hukum FOREX TRADING Yang dijalankan sendiri - Bagi mengetahui hukum bagi bentuk Kedua ini, pertama-Tamanya ia tertakluk kepada: - a - Terdapat unsur Judi atau tidak apabila membeli dan menjual matawnag hanya kerana mengharap keuntungan Dari perbezaaan nilainya. Bukan kerana digunapakai di negara matawang terbabit. Maka setelah kajian perinci oleh jakim dan ISRA, mendapati unsur judi adalah wujud maka semua jenis forex handel adalah HARAM. B - Kesohihan als kewibawaan syarikat Plattform dari sudut lesennya dan pengenalannya. Ia diperlukan bagi mengelak und ein ditipu oleh plattform syarikat yang tidak sebenar. Butiran terperinci berkenaan Plattform ini mestilah diteliti als Boleh diperolehi. Jika tidak, transaksi und ein adalah syubhat dari awal lagi keran terdapat unsur gharar. B - Jika-Plattform tersebut punyai wibawa als verkleinern serta info yang sangat mencukupi, pekara kedua adalah menilai akta-akata berkaiatan dengan aktivität ini dari badan berwajib di Malaysia. Ini perlu bagi memastikan und ein tidak terlibat dengan aktiviti menyalahi undang-undang Negara. Jika Yang Kedua juga lulus, Saya kira transaksi jual matawang Asing dan Simpan dan kemudian jual semula apabila harga tukarannya naik adalah Harus kerana ia Secara automatiknya dilaksanakan menurut kaedah lsquospot. ................................................... Setakat apa yang diterangkan alle individuellen yang terlibat dan yang tahu berkenaan cara forex handel memlali internet ini. Ia seperti berikut: - 1) Ia mempunyai Mindestmodal. Sebastian contoh USD 1, USD 100 dan lain-lain, ia berbeza mengikut polisi syarikat Devisenhandel masing-masing. 2) Dengan modal itu, pihak syarikat Plattform-Devisenhandel ini akan membukakan satu akaun khas buat peserta. Setelah itu, pihak peserta, akan, menentukan, samada, untuk, muuka, kaunter, jualan, matawangnya, dalam, akaun, atau, membuka, kaunter, belianisch. Gambaran mudahnya adalah: - Katalah modalnya USD 100 Yang dibeli dengan tukaran semasa hari tersebut 1 USD RM 3.6, dan dibuka kaunter lsquoselling melalui Plattform Syarikat tersebut. Sebagai contoh, pada esok harinya apabila dilakukan analisa terhadap pegerakan nilai matawang, didapati nilai USD mengukuh berbanding Ringgit iaitu USD 1 RM 4 Tatkala itu, ua Akan menekan Taste jual USD 100 dan memperolehi RM 400. Ini bermakna ia Telah beroleh keuntungan sebanyak RM 40 berbanding Harga belian asalnya tadi. Pihak Syarikat FOREX ini MESTILAH memasukkan seluruh RM 400 itu sebaik sahaja transaksi jual beli dilakukan, Tidak DIBENARKAN DILEWATKAN ATAU DIMASUKKAN SEBAHAGIAN SAHAJA, jika dalam contoh di atas, hanya RM 40 dimasukkan, manakala baki modal sebanyak RM 360 hanya Akan dimasukkan sejurus peserta menutup akaun Pada Hari tersebut. Isu Scharia. Jama ini tidak berlaku, maka ia lulus dari sudut Scharia, namun jika kelewatan berlaku, isu Scharia di sini adalah berlaku penangguhan dalam penyerahan matawang ringgit. Ini menjadikan ia bercangah dengan arahan Nabi s. a.w: - Dalam menukar wang dengan wang, Nabi Telah menyebut garis panduan Yang mesti dipatuhi iaitu: Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan Secara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat Muslim, kein 1586, 31209) Manakala pembelian Secara Hutang Dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah sah melarang Dari menjual emas dan perak Secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, kein 2070, 2762) Imam An-Nawawi Telah menyebut dengan Terang bahawa para Ulama Telah bersepakat wajibnya syarat serah terima dalam satu masa atau lsquoTaqabud Samada Secara hakiki (fizikal) atau hukmi (melalui mediuam Internet tetapi punyai Bukti seperti resit atau nota elektronik yang menunjukkan transaski SAH) (Syarah Sohih Muslim) Cadangan. Mesti dipastikan bahawa semasa transkasi jual beli dilakukan, kesemua modal dicampur Untung dimasukkan di dalam akaun kita tanpa sebarang Tangguh, dan Secara automatik juga kita boleh mengeluarkan wang tersebut tanpa sebarang halangan. 3) Terdapat syarikat yang mensyaratkan mindestens modales yang tinggi seperti USD 1000 dan lain-lain jumlah. Untuk itu mereka menawarkan apa yang dinamakan Hebelwirkung yangmana modal peserta akan digandakan. Sebagai contoh, katalah modal sebenar undein adalah USD 100. Maka und ein dikehendaki memilih atau secara pilihan memlih gandaan yang dikehendaki. Seperti 1. 10 Beerti modal undeinem Akan digandakan kepada 10 kali Menjadi USD 1000 atau jika memilih 1: 100, Beerti modal undeinem Menjadi USD 10000. Dengan Anzahl der Beiträge Baru inilah matawang undeinem Akan di pasarkan di pasaran. Die Verwendung von verschiedenen Finanzinstrumenten oder Fremdkapital wie Marge, um die potenzielle Rendite einer Investition zu erhöhen. Leverage kann durch Optionen, Futures, Marge und andere Finanzinstrumente geschaffen werden. Zum Beispiel sagen Sie haben 1.000 zu investieren. Dieser Betrag könnte in 10 Aktien der Microsoft-Aktien investiert werden, aber um die Hebelwirkung zu erhöhen, könnten Sie die 1.000 in fünf Optionskontrakte investieren. Sie würden dann steuern 500 Aktien anstatt nur 10. (Rujukan) Jika benarlah apa yang Saya gambarkan ini, transaksi Forex menggunakan Leverage ini adalah HARAM kerana ia dikira menjual matawang Yang tidak di dalam MILIK undeinem. Milik sebenar und ein hanyalah USD 100 tetapi yang dijual adalah 10.000. Ia berdasarkan apa yang erfahrung oleh Nabi s. a.w. Ertinya. Janganlah kamu menjual sesuatu Yang tidak di dalam milikmu (Riwayat Abu Daud, 3504, 3283) Malah Saya juga hampir Pasti, Wang Yang digandakan oleh Syarikat itu dikira sebagai pemberian pinjaman dan sudah tentu Mereka Akan mengambil sedikit keuntungan Samada diketahui atau tidak diketahui oleh peserta . Jika ini berlaku, sekali lagi Riba telah berlaku. Bagi mengelakkan perkara yang ditegah ale Islam dari berlaku di sini, penggunaan Hebelwirkung 1: 1 sahaja yang dibenarkan. Wallahualam. 4) Diberitakan juga pihak Syarikat menasihatkan peserta Agar menggunakan modalnya Kurang Dari 30 bagi mengurangkan risiko semasa Handel dijalankan. Dan jika terdapat masalah kemungkinan Rugi atau apa yang dinamakan Margin Call, pihak peserta dibenarkan untuk membuka kaunter satu lagi Samada jual atau beli bagi menyeimbangkan kemungkinan Rugi. Pandangan. Wallahualam, jika semunya dilaksanakan dengan jelas dan perancangan yang betul. Setakat ini Saya tidak Nampak adanya masalah Shariah dalam tindakan ini KECUALI IA MEMPUNYAI ELEMN PERJUDIAN YANG jelas kerana membeli nilai matawang untuk dijual apabila nilainya naik sedangkan ia bukan KOMODITI. Wallahualam. Walaupun berniaga sendiri forex dan memenuhi syarat ini adalah HARAM kerana Sebab utamanya adalah JUDI, tambahan pula ia bukanlah sesuatu Yang disukai oleh polisi ekonomi di dalam Islam, pertamanya kerana menurut pandangan ekonomi dalam Islam, matawang adalah Tauschmittel sahaja dan ia bukanlah komoditi Yang wajar Diniagakan bagi memperolehi untung dari perbezaan nilainya. Kita tahu nilai matwang Kini tidak lagi bersandarkan emas atau Perak, wang Kertas hari ini (fiat money) tidak mempunyai nilai tersendiri (seperti logam emas dan perak) kecuali nilainya datang Dari pasaran global Yang ditentukan oleh Angebot und Nachfrage di pasaran dunia. Justeru, menjadikan cara ini bagi Mitgliedschaft anak dan isteri makan bukanlah satu bentuk kerjaya yang terpuji di dalam Islam. Malah ia sebenarnya membantu sistem kapitalis als menguatkan sistem ekonomi yang mereka anjurkan. Justeru, fikirkanlah. Jika undeinem tidak ingin menerima padnagan Saya, tidak mengapa tetapi bacalah pendapat Ulama besar kewangan Islam sedunia iaitu Syeikh Mufti Taqi Uthmani dalam hal ini: Forex Devisenhandel von Mufti Taqi Usmani Posted: 11 Zul QaDah 1424, 22. November 2007 Q.) Ist Forex Währung Handel halal Ich habe ein Dokument, das die Aspekte des Geschäfts. A.) Ich ging durch die Papiere, die von Ihnen geschickt wurden. Ich bin der Meinung, dass diese Transaktionen nicht mit der Scharia vereinbar sind. Die sehr Bedingung, dass Sie die Lieferung der gekauften Währung nicht nehmen können, macht es unzulässig. Darüber hinaus gibt es nach meinem Wissen weitere Elemente, die diesen Handel in der Scharia unrechtmäßig machen, wie zB Verkäufe, Leerverkäufe usw. Dies ist zusätzlich zu der Tatsache, dass die Währungen ursprünglich ein Tauschmittel sind und nur ausgetauscht werden sollten Persönlichen Gebrauch in verschiedenen Ländern. Um sie zu einer handelbaren Ware nur zu verdienen einen Gewinn ist auch gegen die Grundphilosophie der islamischen Ökonomie. Ich würde Ihnen daher nicht raten, diesen Handel zu verwöhnen. Sila Buka Sumber. Devisenhandel Adakah und ein mengenali siapa Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Sila buka di sini untuk mengenalinya. Zaharuddin Abd Rahman 28 Zulhijjah 1428 ps. Semra pemain forex, nota dan jawpaan saya inin adalah jawapan yang dipermudah agar ia boleh difahami orang awam. Jika terdapat kesilapan teknik carajual dan beli, boleh dimaklumakn kepada di ruangan komentar kerana info tentak tatacara di atas juga sagena perolehi dari yang terlibat. Syaa tiada masa untuk Membrane pembacaan dan kajian sendiri di ketika ini. Sekian Fügen Sie diese Seite zu Ihren bevorzugten Websites Social Bookmarking von jaenal nurohman auf Minggu More. Written, 10 Juni 2012 19.27 Handel Investasi FOREX merupakan investasi Yang sangat menjanjikan dimana kita bisa memperoleh Gewinn Yang cukup lumayan dalam Waktu Yang relatif singkat. Apalagi dengan kehadiran Broker Forex Online yaitu Instaforex Yang memberikan jasa Forex Signal di Internet, Semakin memudahkan setiap orang untuk mendulang Gewinn di Bisnis ini bahkan tanpa Harus melewati upaya belajar Yang terlalu Lama dan tanpa Harus memahami analisa teknikalmaupun grundlegende Yang memusingkan kepala. Penghasilan para Trader-Händler forex profesional sangat dan jauh meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak yang mempertanyakan kehalalan dari hasil yang diperoleh bisnis forex handeln ini dikarenakan sifatnya yang abstrakt dan tidak kasat mata. Sebagian umat islamischen meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Jangan engkau menschenblich sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hasits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih Islam), hatte tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktisch jual beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad, haram. Penafsiran secara demikian esu, tak pelak lagi, muuat fiqih Islam sulit untuk memenuhi tuntutan jaman yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang cara penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ul Ul................................................., Baik dalam Al Qur8217an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, Hanya Terdapat Larangan Menjual Barang Yang Belum Ada, Sebagaimana Larangan Beberapa Barang Yang Sudah Ada Pada Waktu akad. 8220Erweiterte Suche Die Suche ergab keine genauen Treffer. Die Suche ergab keine genauen Treffer. MA dari IAIN SUKA Persönliche Daten Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar adalah ketidakpastian tentang apakah barang yang diperjual-belikanischen itu dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang gelegen, padahal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun Pada Waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan Pada Waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut SAH. Sebaliknya, kendati, barangnya, sudah, ada, tapi, 8211, karena, satu, dan, lain, hal, 8212, tidak, mungkin, diserahkan, kepada, pembeli, maka, jual, beli, itu, tidak, sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam kontrak berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Begitu juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel aturan resmi Yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya Praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 satu hal Yang sebetulnya bisa juga terjadi Pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex adalah bagian Dari PBK) dapat dimasukkan ke dalam kategori almasa8217il almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Islam kontemporer. Karena itu, den Status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum Yang tidak mempunyai referensi nash hukum Yang Pasti. Dalam kategoris masalah hukum al-Sahrastani, ia termasuk ke dalam paradigma al-nushusch qad intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran als Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan von Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan Dari Paradigmas ilmu hukum Dari gurunya Ibn Taimiyyah, Yang menyatakan bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam idee. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islam tentang keadilan yang dalam Al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, Secara khusus masalah PBK dapat dimasukkan ke dalam bidang kajian Fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik hukum kebendaan. Dengan kata gelegen, PBK termasuk kajian hukum Islam dalam pengertian bagaimana hukum Islam diterapkan dalam masalah kepemilikan atas harta benda, melalui perdagangan berjangka komoditi dalam Ära globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak Yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam ruang dan Waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan Bunyi UU No. 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam dalam kelembagaan dan Praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-Salaf adalah bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu Yang dengan ketentuan sifat-sifatnya Yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai Tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi Yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad atas komoditas jual beli Yang diberi sifat terjamin Yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga jual Yang ditetapkan di dalam Schleimbeutel akad8221. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, ditentukan öl terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut. Rukun sebagai unsur-unsur utama Yang Harus ada dalam Suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama di dalam bay8217 al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) Yang disebut dengan istilah muslim atau muslim ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan harga tukar (ra8217s al-mal al-salam als al-muslimischen fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang Perlu diperhatikan Dari unsur-unsur tersebut, adalah bahwa IJAB dan qabul dinyatakan dalam bahasa dan Kalimat Yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, Ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-Salaf di dalam Kalimat-Kalimat transaksi itu, dengan Alasan bahwa 8216aqd al-salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara berbeda Dari akad jual dan beli (kaufen). Persyaratan menyangkut OBJEK transaksi, adalah: bahwa OBJEK transaksi Harus memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (ein yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga Tukar, Tempat penyerahan. Persyaratan Yang Harus dipenuhi oleh harga Tukar (al-tsaman), adalah, Pertama, jenis kejelasan alat Tukar, yaitu Dirham, dinar, Rupiah atau dolar dsb atau barang-barang Yang dapat ditimbang, disukat, dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah, Timbangan, Yang, Disease, Bentuk, Kilogramm, Teich, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat di atas ditetapkan dengan maksud menghilangkan jahalah fi al-8217aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan von Antara Pelaku Transaksi, Yang Akan Merusak Nilai Transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan ist eine US-amerikanische Schauspielerin. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak Yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-Undangan Yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau rechtliche Maxime Yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dän jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Wählen Sie Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing Timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu uang Yang Masing-Masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama Verschiedenes sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN nilai MATA uang antar negara. Sie können auch jetzt schon Beiträge lesen. Suchen Sie sich einfach das Forum aus, das Sie am meisten interessiert. BURSA ata PASAR Yang Bansifat Internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai Volumen permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan und penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk Mitglied seit menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan tindakan-tindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat) 2. Memenuhi syarat Menjadi OBJEK transaksi jual-beli yaitu: Suci barangnya (bukan najis) Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat muhammad isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam luft, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hanbal dan Al Baihaqi Dari Ibnu Mas8217ud) Jual beli barang Yang tidak di Tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat Harus diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya bohne meneruskan atau membatalkan jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli hasil tanam Yang masih terpendam, seperti ketela, Kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena Akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan semua hasil tanaman Yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperi makanan kalengan, lpg, dan sebagainya, asalkam diberi label yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Dschungel, al-Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 Hal. 55.UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU Semakin berkembangnya kehidupan dalam masyarakat, maka semakin berkembang pula problematika kehidupan manusia. Problematika esu muncul dari berbagai aspek kehidupan, baik itu dari segi agama, pendidikan, ekonomi dan sebagainya. Salah satu masalah dalam bidang ekonomi Yang Muncul diantaranya: Pasar uang, Schleimbeutel saham 1. Maka Dari i tu masalah-masalah Baru Yang Muncul dalam masyarakat Harus diketahui ketentuan hukumnya, hal ini adalah Penting untuk memberi arahan bagi UMAT islam tentang hal-hal Yang halal Maupun mana hal-hal yang haram sehta dalam setiap aktifitas bisa terjaga tidak melanggar aturan Allah. Semakin berkembangnya abad, maka semakin berkembang pula sebuah ilmu pengetahuandan tentunya semakin berkembang pula sistem ekonomi yang di anut oleh manusia. Yang dahulunya sistem Tauschhandel sekarang sudah menggunakan mata uang. Perkembangan sistem perokonomian yang lainya juga adalah sistem ekonomi kapitalis yang bersifat globalen yang sudah di anut oleh sebagian negara di dunia. Dengan adanya sistem globalen ini, maka secara otomatis pembayaran yang digunakan juga berbeda. Oleh karenanya diciptakanlah apa yang dibut valuta asing agar mempermudah menjalani proses perekonomian globalen tersebut. Tetapi valuta als adalah hal yang baru ada di zaman modernen seperti sekarang. Sebagai UMAT Yang beragama islam Yang segala sesuatu ditentukan oleh al-qur8217an dan hadist maka sistem tersebut haruslah sesuai dengan petujuk UMAT islam. Perdagangan mata uang asing (forex valas) adalah pasar terbesar auf den ersten Blick pertumbuhannya di dunia. Perendaran pro hari lebih dari 2,5 Billionen Dollar. Para pedagang dalam pasar ini mencakup Bank, organisasi, Investor, dan individu, seperti unda. Pasar adalah tempat untuk memperdagangkan barang, dan sama seperti halnya dengan FOREX. Barang forex adalah mata uang wie berbagai negara. Kita me m beli Euro, Membrane dengan US-Dollar, atau menjual Yen dengan Dollar Kanada. Namun, Seiring dengan Muley bangkitnya konsep ekonomi Islam Yang berlandaskan Syari8217ah Islam, masalah perdagangan Forex pun Muley diperdebatkan khususnya oleh masyarakat muslim dunia 2 A. Pengertian dan Tujuan Pasar Uang, Valuta Asing Perdagangan Valuta Asing atau sering di sebut Forex Triding Muley berkembang Pada Ära 1970 - an als di anggap menjadi salah satu bisnis alternatif karena dapat mendatangkan keuntungan pelakunya. Valuta Asing sangat erat kaitanya dengan pertukaran uang sehingga kegiatan perekonomian dunia tidak dapat dipisahkan dengan perdangan Valuta Asing. Ial............................................ Apabila diantara negara negara terjadi perdagangan internasional, maka tiap negara muhuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri. Dengan demikaian akan timbul penawaran als permintaan devisa di bursa valuta asing. Setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing (kurs ialah perbandingan nilai uangnya terhadap uang asing). Misalnya 1 dolar Amerika1.650,00. Namun,... At. Ub ub ub ub............................................ Pencatatan kurs uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan von bursa valuta asing sedangkan dalam istilah bahasa arabische krankheit al-sharf. Dalam kamus Al-Munjid fi Al-lughoh Kranker bahwa Al-Schal berarti menjual uang dengan uang lainya. Al-scharf secara harfiyah berarti penambahan, penukaran. Penghindaran, atau transaksi jual beli. Dengan demikian al-scharf adalah perjanjian jual beli satu valuta dengan valuta lainya. Valas secatar bebas diartikan sebagai mata uang yang dikeluarkan dan digunakan sebagai alat pembayaran. Pada prinsip syariahnya, perdagangan valuta Asing dapat dianalogikan dan dikategorikan dengan pertukaran antara emas dan perak atau dikenal dalam terminologi fiqih dengan istilah (Sharf) Yang disepakati para Ulama tentang keabsahannya. 3 Muhammad Al-Adnani mendevinisikan Al-Sharf dengan Tukar menukar uang, Taqiyyudin An-Nabhani mandefinisikan Al-Sharf dengan memperoleh harta dengan harta gelegen. Dalam bentuk emas dan perak. Beliau juga menyatakan bahwa jual beli mata uang merupakan transaksi jual beli dalam bentuk finansial yang menurutnya mencakup beberapa hal sebagai berikut: Pembelian mata uang dengan mata uang yang serupa, seperti pertukaran uang b. Pertukaran mata uang dengan mata uang asing, seperti pertukaran dolar dengan pfund Mesir c. Pembelian barang dengan uang tertentu serta pembelian-pembelian mata uang tersebut dengan mata uang Asing, seperti membeli pesawat Terbang dengan dolar, serta pertukaran dolar dengan Dinars Irak dalam Suatu kesepakatan. D. Penjualan barang dengan mata uang, misalnya dolar Amerika dengan dollar Australien e. Penjualan promis (surat perjanjian untuk membayar sejumlah uang) dengan mata uang tertentu f. Penjualan saham dalam perseroan tertentu dengan mata uang tertentu Masing 8211masing Dari ke-enam bentuk kegiatan di atas dapat diklasifikasi Menjadi dua macam kegiatan, yaitu jual beli dan pertukaran. Sehingga untuk masing-masing kegiatan tersebut dapat diberlakukan hukum jual beli dan pertukaran. Penjualan mata uang dengan mata uang yang serupa atau penjualan mata uang asing dalam islam inilah yang kemudian disebut sebagai Al-Scharf. Apa yang diperdagangkan dalam penjualan valuta asing jawabanya tentu saja uang. Mata uang diperdagangkan secara berpasangan melalui Broker atau Händler. Valas bersifat Zwischenbank karena waktu perdaganganya yang secara kontinyu mengikuti waktu perdagangan Masing-masing negara dan bisa diasumsikan bahwa pasar valas buka 24 jam. Apa yang diperdagangkan dalam penjualan valuta asing jawabanya tentu saja uang. Mata uang diperdagangkan secara berpasangan melalui Broker atau Händler. Valas bersifat Interbanken - karena Waktu perdaganganya Yang Secara kontinyu mengikuti Waktu perdagangan Masing-Masing negara dan bisa diasumsikan bahwa pasar valas buka 24 Marmelade. Kemudian siapa saja yang dikataan sebagai pelaku atau subjek dari kegiatan valas. Ada beberapa golongan yang Aktif Melakukan transaksi jual beli valas, berikut contohnya yaitu: Perusahaan-perusahaan menggunakan Pasar Valas untuk mempermudah Proses transaksi investasi atau komersil. Kelompok ini terdiri dari importir, investor internasional, dans perusahaan internasiaonal, mareka menggunakan Pasar Valas untuk tujuan investasi b. Masyarakat atau perorangan, masyarakat atau perorangan, dapat, melakukan, transksi, valas, untuk, memenuhi, kebutuhanya. Du musst eingeloggt sein, um einen Kommentar schreiben zu können. Rupiah engan dolar Amerika c. Bank umum dan non bank. Bank umum dan nicht bank beroprasi di kedua pasar antara bank dan nasabah. Mereka melayani nasabah yang ingin bertransaksi valas. Mereka ini memperoleh keuntungan dengan membeli valas Pada harga permintaan (bid) dan menjualnya Kembali Pada harga Yang sedikit Lebih tinggi daripada harga penawaran (Angebot). D. Vermittler atau perantara, ad a lah oarang atau Orangen tugasnya adalah menjadi perantara transaksi valas. D. h. Pemerintah, pemerintah melakukan valas untuk berbagai tujuan antar gelegen membayar cicilan Hutang keluar negri Yang Harus di Tukar ke valuta sendiri f. Bank sentral, dibanyak negara bank sentral tidak dibawah kendali pemerintah, dia merupakan lembaga unabhangig yang bertugas menstabilkan perekonomian. Bank-Bank sentral menggunakan pasar valas ini untuk memperoleh cadangan devisa dän juga mempengaruhi harga dimana mata uangnya diperdagangkan. Bank sentral mungkin melakukan langkah-langkah jang semata-mata dimaksudkan untuk mendukung atau endongkrak mata uang sendiri. Kebijkan atua strategi seperti ini Banyak Dilakukan oleh Bank-Bank sentral. G. Spekulator dan arbitrase. Mereka ini melakukan transaksi dalam Pasar Valas untuk memperoleh keuntungan. Arbitrase Pada prinsipnya merupakan Suatu bentuk spekulasi Yang terdapat dalam valas, dimana Mereka membeli Suatu valas di Suatu pusat keuangan kemudian menjualnya Kembali dipusat keuangan Yang untuk memperoleh keuntungan gelegen. Kegiatan arbitrase ini dimungkinkan mudah dan Cepat dilakukan Transfer dengan menggunakan alat telegrafik antara pusat keuangan Yang satu dengan pusat keuangan dunia lainya, Tujuan diselenggarakan Schleimbeutel efek sebagai perwujudan kegiatan pasar modal di Indonesien Pada prinsipnya mencakup hal-hal sebagai berikut. 1. Mitgliedschaft kesempatan pada perusahaan-perusahaan untuk memperbesar modalnya dengan mendapatdana murah dan tanpa beban bunga. 2. Dengan dana milik es, perusahaan dapat mengembangkan dan memperluas usaha baru, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja. 3. Disyaratkan perusahaan menjual efeknya dibursa härus terbuka ini Mitglied kesempatan kepada masyarakat untuk membeli saham. Untuk mencapai tujuan itu maka jual beli efek Dari Schleimbeutel saham diatur Agar tertib, tidak semua orang bisa bisa membeli langsung ke Schleimbeutel efek jakarta atau surabaya. Diperlukan para Broker atau pialang yang memperjual belikanischen Saham perusahaan yang gehen public. Naik turunnya saham selalu mengalami perubahan sesuai dengan hukum penawaran dan permintaan. Bahkan, politik, juga, mempengaruhinya, para, pialang, inilah, yang, mesti, Mitglied, penyuluhan, baik, buruknya, saham, perusahaan, agar, investor, tidak, terjeblos. B. Hukum Jual Beli saham menurut Pandangan Hukum Islam Praktek valuta Asing dalam islam Pada dasarnaya di perbolehkan karena dalam kegiatan tersebut dapat di qiyaskan dengan perdagangan atau jual beli. Harganya sewaktu-waktu dapat naik dan juga turun. Pemegang saham, uang obligasi dan juga surat berharga lainya, Sama seperti orang menyimpan Emas (bukan perhiasan) Yang harganya adakala naik dan adakalanya turun. Yang tidak diperbolehkan adalah memonopoli saham, valuta Asing untuk tujuan tertentu, sehingga Pada Suatu Ketika orang yang memonopoli dapat mempermainkan harganya di Schleimbeutel efek atau penjualan valuta Asing. Nabi Muhammad SAW memperingatkan dalam sabdanya dengan peringatan Yang sangat keras 8220 orang yang menyediakan (mendatangkan) barang di beri rizki dan orang yang menimbun barang mendapat laknat.8221 (Ibnu Majjah dengan Imam Hakim) Pada prinsip syar8217iahnya, perdagangan valuta Asing dapat dianalogikan dan di kategorikan Dengan, pertukaran, antara, emas, dan, perak, ata di kenal, dalam, teminologi, fiqih, dengan, istilah, Syach, yang, sepakati, oleh, para, ulama, tentang, keabsahanya, Emas dan perak sebagai mata uang tidak boleh ditukarkan dengan sejenisnya, misalnya Rupiah kepada Rupiah, atau dolar kepada Dollar, kecuali sama jumlahnya. Contamaya pecahan kecil ditukarkan dänischer pecahan besar asalkan jumlah nominalnya sama. Hal ini karena dapat menimbulkan Riba fadhl. Namun apabila berbeda jenisnya, seperti Rupiah kepada Dolar atau sebaliknya maka dapat di tukarkan sesuai dengan harga pasar dengan Catatan Harus efektif, kontanspot (taqobudh fi8217li) atau Yang di kategorikan Stelle (taqobudh hukmi) menurut kelaziman pasar Yang berlaku. Meskipun hal itu melewati beberapa jam penyelesischen karena proses transaksi. Harga atau pertukaran esu dapat di tentukan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli atau harga pasar (Marktpreis). Nabi bersabda, 8220perjual belikanlah emas dan perak semua kalisch asalkan secara kontan8221. Dalam Hadist Ibnu Umar. Rasulullah memberikan penjelasan bahwa ketentuan itu Fleksibel Selama dalam toleransi Waktu Yang lazim, tidak menimbulkan persoalan dan tetap dalam harga Yang sama Pada hari transaksi (bisi8217ri yaumiha). Aktivitas Perdagangan Valuta asing Harus terbebas Dari unsur Riba, dalam pelaksaanya harus di perhatikan beberapa hal sebagai berikut, ein. Pertukaran tersebut, harus, dilakukan, secara, tunai, artinya, masing-masing, pihak, harus, menerima, menyerahkan, masing-masing, mata, uang, pada, waktu, yang, bersamaan, B. Motiv.. Ah ah ah.......................................................... C. Harus dihindari jual beli bersyarat. D. Transaksi berjangka harus dilakukan dengan pihak-pihak yanag diyakini mampu menyediakan valuta asing yang dipertukarkan. D. h. Tidak dibenarkan menjual barang Yang belum dikuasai, atau dengan kata gelegen tidak dibenarkan jual beli tanpa hak kepemilikan (ba8217iainaih) Mata uang Kertas Menjadi nilai harga sebagaimana halnya emas dan Perak. Oleh sebab itu hukum tukar menukar mata uang kertas tunduk kepada peraturan Al-Schein sebagaiman emas dan perak. Praktek al-Sharf hanya terjadi Pada transaksi jual beli, dimana Praktek ini diperbolehkan dalam islam berdasarkan firman Allah Sure al-baqarahayat 275: Para ahli fikih kontemporer sepakat, bahwa haram hukumnya memperdagangkan saham di pasar modal Dari Perusahaan Yang bergerak di bidang Usaha Yang haram. Misalnya, Perusahaan Yang bergerak di bidang produksi Minuman keras, Bisnis babi dan apa saja Yang terkait dengan babi, jasa keuangan konvensional seperti Bank dan Asuransi, dan industri Hiburan, seperti kasino, perjudian, prostitusi, Medien porno, dan sebagainya. Dalil............................... Namun Mereka berbeda pendapat jika saham Yang diperdagangkan di pasar modal itu adalah Dari Perusahaan Yang bergerak di bidang Usaha halal, misalnya di bidang Transportasi, Telekomunikasi, produksi tekstil, dan sebagainya. Menurut Prof. Masifuk Zuhdi, Jaul beli valuta Asing dan saham dibolehkan oleh islam, baik transaksinya dilakukan di Schleimbeutel valuta Asing dan Schleimbeutel efek, ataupun ditempat gelegen. Karena transaksi Telah memenuhi syarat Rukun jual beli menurut hukum islam antar gelegen: 1. Adanya IJAB qabul Yang ditandai dengan adanya Bargeld und cary, yakni penjual menyerahkan barangnya dan pembeli membayar Tunai. IJAB qabul jual beli bisa dilakukan dengan lisan, tulisan atau dengan Utusan 2. Kedua Belah pihak mempunyai wewenang Penuh melakukan tindakan-tindakan hukum. 4 3. Valuta asing als saham memenuhi syarat untuk menjadi objek transaksi jual beli ialah. ein. Suci barangnya (bukan najis). B. Dapat dimanfaatkan, c. Dijual oleh pemiliknya sendeniri atau kuasanya atas izin pemiliknya d. Dapat diserah terimakan barangnya secara nyata e. Dapat diketahui barangnya Dan Harganya dengan Gelees. Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul masail fiqhiyah Kapita Selekta Hukum Islam 5. diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum Islam. Perdagangan valuta Asing Timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar Negara Yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu uang Yang Masing-Masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama Verschiedenes sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga Timbul perbandingan nilai mata uang antar nega ra Dewan Syari8217ah Nasional Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG (AL-SHARF).Transaksi jual beli mata und pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut. 1. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan). 2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan). 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) yang berlaku pada saat transaksi dan secara tunai. Dasar hukum Valuta Asing mata uang kertas mänjadi nilai harga sebagaimana halnya emas dan perak. Oleh sebab itu hukum tukar menukar mata uang kertas tunduk kepada peraturan Al-Schein sebagaiman emas dan perak. Praktek al-Sharf hanya terjadi Pada transaksi jual beli, dimana Praktek ini diperbolehkan dalam islam berdasarkan firman Allah Sure al-baqarahayat 275: 8220 Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syetan lantaran (tekanan) Penyakit gila. Keadan mereka yang demikian es, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat). Sesungguhnya jual beli esu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dengan menharamkan Riba. Orang-orang yang Telah sampai kepadanya larangan Dari Tuhanya lalu Terus berhenti (Dari mengambil riba) maka baginya apa yang baginya apa yang diambilnya dahulu (sebelum datang larangan) dan urusanya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil Riba) maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka mereka kekal didalamnya. Kemudian dalam Hadis Rosulullah juga disebukan bahwa. 8220Janganlah engkau menjual emas dengan emas, kecuali seimbang. Dan jangan pula menjual perak dengan perak kecuali seimbang. jualah emas dengan perak atau perak dengan emas sesuka kalian.8221 (HR. Bukhori) 8220 Nabi melarang menjual perak dengan Perak, Emas dengan Emas, kecuali seimbang. Dan nabi memerintahkan menjual emas dengan perak sesuka kami gedächtnis membeli emas dengan perak sesuka kami, dan memjual perak dengan emas sesuka kami8221. 8220 kami telah diperintahkan untukmembeli perak dengan emas sesuka kami, dan verdiener emas dengan perak sesuka kami. Abu Bakhrah berkata. Beliau (Rosulullah) ditanya oleh seorang laki-laki, lalu beliau menjawab harus tunai (bar). Kemudian Abi Bakhrah berkata, demikianlah yang aku dengar8221. (HR. Abu Hurairah) Dari beberapa hadist di atas dipahami bahwa diperbolehkanya al-Sharf serta tidak bolehadanya penambahan antara Suatu barang dengan sejenisnya (emas denga emas atau perak dengan Perak, karena kelebihan antara dua barang Yang sejenis tersebut merupakan Benar-Benar riba fadl Yang jelas-jelas dilarang olaeh islam. D. Kesimpulan Para ahli fikih kontemporer sepakat, bahwa haram hukumnya memperdagangkan saham di pasar modal Dari Perusahaan yang bergerak di bidang Usaha yang haram. Misalnya, Perusahaan yang bergerak di bidang produksi Minuman keras, Bisnis babi dan apa saja yang terkait dengan babi, jasa keuangan konvensional seperti Bank dan Asuransi, dan industri Hiburan, seperti kasino, perjudian, prostitusi, Medien porno, dan berbeda pendapat jika saham yang diperdagangkan di pasar modal itu adalah Dari Perusahaan yang bergerak di bidang Usaha halal, misalnya di bidang Transportasi, Telekomunikasi, produksi tekstil, dan sebagainya Dapat diambil kesimpulan bahwa pembelian valuta Asing dikatagorikan. 1. jual beli uang, valuta Asing sama dengan al-Sharf Tukar emas dengan Perak (istilahanalogi Fiqih) 2. Dalam kasus hukum jual beli uang, valuta Asing, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum bahwa: Fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: Waktu, Tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini berdasarkankan bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum esu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam ide, Waallahu 8216alamu bishshawaab. E. Daftar pustaka Jalaluddin al-mahali, I8217anatut Tholibin. Bairut: dar al-fikr, hlm. 672 Anshori Umar, Fiqh Wanita, Semarang: Asy-Syifa. Hlm 490. Masjfuk Zuhdi. Masail fiqhiyah Kapita Wählen Sie Hukum Islam. Hlm Adi Bisri. Al-Faraidhul Bahiyyah. Kudus: Menara kudus, hlm.1 3 Jalaluddin al-mahali, I8217anatut Tholibin. Bairut: dar al-fikr, hlm. 672 4 Anshori Umar, Fiqh Wanita, Semarang: Asy-Syifa. Hlm 490. 5 Masjfuk Zuhdi. Masail fiqhiyah Kapita Wählen Sie Hukum Islam. Hlm 203

No comments:

Post a Comment